Selasa, 06 Agustus 2013

MENGENAL SEMARANG (WISATA, BUDAYA, DAN BENTANG ALAM)

 "MENGENAL SEMARANG"


Semarang (daerah, bukan kota) merupakan sebuah daerah di pesisir utara pulau jawa, sekitar 466 km dari jakarta, sekitar 312 km dari surabaya dan sekitar 130an KM dari jogjakarta. Semarang sendiri terdiri dari 2 daerah yakni semarang kota dengan kabupaten semarang (sering disebut ungaran). Cerita tentang sejarah semarang bisa di buka di http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Semarang. 
lawang Sewu
 
Secara topografi semarang itu terdiri dari dataran rendah yakni sering disebut semarang bawah yang diceritakan halunya merupakan pantai dan terendap oleh lumpur sehingga membetuk daratan. yang kedua merupakan pegunungan dataran rendah dengan ketinggian (s.d 150 mdpl) daerah ini meliputi daerah candi baru, jatingaleh, tembalang, kampus UNDIP dan sekitar kampus UNNES.  Yang ketiga adalah daerah pegunungan yang meliputi daerah ungaran, ambarawa, bandungan, jambu serta sumowono. Dearah inilah yang sering disebut daerah kabupaten semarang. 
Jika ingin menuju ke semarang akses dan trasnposrtasinya sangat mudah. Jika menggunakan jalur darat semarang merupakan jalur perlintasan dari jakarta ke surabaya. Jika menggunakan kereta api hanya bisa diakses dari jakarta, surabaya dan bandung saja karena jika dari jogja dan solo sekarang sudah tidak ada kereta yang nelayani jalur tersebut...mungkin kalah bersaing dengan jalur darat karena memang jalur darat yang menghubungkan semarang solo dan jogja sudah cukup baik sehingga berkembang bus serta travel yang melayani jalur tersebut.
beberapa link perusahaan bis di semarang :
1. PO Nusantara di http://www.nu3tara.com/
2. PO Safari Dhama Raya di http://www.safaridharmaraya.com/
3. PO Haryanto di http://www.bisharyanto.com/ 
4. PO BEJEU di http://www.bejeu.com/ 
Ada beberapa terminal besar di semarang (kota dan kabupaten) yakni terminal terboyo (untuk dari arah timur dan selatan), terminal mangkang (untuk dari arah barat dan selatan), terminal penggaron (untuk transit bus ke arah purwodadi dan blora), terminal bawen (sebagai terminal transit dari arah semarang menuju solo-jogja dan sebaliknya)
Sedangkan info kereta bisa di buka di http://www.kereta-api.co.id/

Dari Kota Asal
Bus/Trevel
Kereta Api
Pesawat Terbang
Jakarta
Ok
Ok
Ok
Bandung
Ok
Ok
Ok
Surabaya
Ok
Ok
Ok
Yogjakarta
Ok
-
-
Solo
Ok
-
-
Semarang menjadi daerah terbesar kelima di Indonesia dikarenakan memang terletak dalam jalur jakarta-surabaya-jogjakarta-solo, sehingga banyak terdapat daerah industri seperti Komplek industri candi, komplek indutri wijaya kusuma, kompleks indutri terboyo, komplek industri karang jati serta perusahaan besar lainya sepanjang jalur semarang solo. 
Selain indutri tersebut semarang juga terkenal akan kuliner seperti tahu gimbal semarang, soto semarang, bandeng presto, lumpia semarang, tahu serasi bandungan serta tahu baxo ungaran.
Tentang sejarah, jangan ditanya lagi dengan semarang sejak masih berada di bawah kekuasaan Kerajaan hinda-budha, kerajaan Demak hingga perang kemerdekaan, semarang menjadi saksi perjalanan bangsa ini  sehingga banyak terdapat peninggalan sejarah tersebut sebut saja candi gedong songo, candi ngempon (mungkin belum banyak yang tau tentang candi ini), monumen tugu muda dan monumen palagan ambarawa.
Untuk wisata semarang, terbentang dari daerah pesir hingga daerah pegunungan. Membujur dari pantai maron, pantai marina, goa kreao, pusat oleh-oleh pandanaran, kota lama semarang, kebun teh medini, gedong songo, air terjun semirang, aoir terjun lawe benowo, rawa pening, badungan, kopeng serta 2 puncak gunung yakni gunung ungaran serta gunung merbabu.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar