Selasa, 20 Agustus 2013

DESA SIDOMUKTI, "Sejengkal Berkah Gunung Ungaran"

  "SIDOMUKTI"

Sejengkal Berkah Gunung Ungaran

 


Gunung ungaran merupakan  berkah tersendiri bagi warga kabupaten semarang, kabupaten kendal serta kota semarang. Betapa tidak, dengan berlimpahnya air gunung, lebatnya hutan yang menjaga ekosistem, sayur mayur serta tempat wisata yang berjejer manis mengelilingi gunung ini yang memberikan penghidupan kemakmuran masyarakat. (karoauke+panti mandi uap termasuk berkah ndak ya????). Memang sudah seharusnya saya, anda, kalian dan semua warga yang mendapatkan berkah dari Tuhan melalui gunung ungaran  bersyukur dan menjaga agar semuanya tetap lestari agar anak cucu kita tetap merasakan berkah ini. 
Pintu masuk dari jalan raya semarang-bandungan


Pintu gerbang desa

Desa Sidomukti, kebanyakan orang masih asing dengan salah satu desa yang berada paling atas di kaki gunung ungaran ini. Kebanyakan orang lebih paham sidomukti sebagai objek wisata kolam renang itu, tetapi sebenarnya sidomukti adalah nama sebuah desa di kecamatan bandungan, sedangkan kolam renang sidomukti itu adalah objek wisata yang berada di desa sidomukti. 
Desa sidomukti merupakan salah satu desa rintisan desa wisata di kabupaten semarang (tetapi memang belum berjalan 100%,....) tetapi memang belum banyak yang menikmati program desa wisata ini.
Pemandangan salah satu dusun di desa sidomukti berlatarkan gunung andong, gunung merbabu serta danau rawa pening
Dusun Geblog
Ladang sawi hijau
Secara garis besar, desa ini dibagi menjadi 5 dusun yakni dusun kluwihan, dusun krandegan, dusun tegal sari, dusun sidomukti serta dusun geblog. Dari kelima dusun tersebut, mayoritas penduduknya adalah petani, terdapat pula beberapa tengkukak hasil sayur dan pertanian. Sebenarnya jika dibagi dusun tegalsari, dusun kluwihan serta dusun geblog lah yang paling banyak menyimpan keindahan alam didukung oleh letak yang relatif tinggi (+- 700 s.d 900 mdpl) dibanding dusun krandegan dan dusun sidomukti. Dusun tegalsari merupakn dusun paling timur di desa sidomukti. Jalan menuju dusun ini relatif bagus karena jalur menuju objek wisata umbul sidomukti melalui dusun ini. Karena letak  yang dekat  dengan objek wisata sehingga banyak dari penduduk ini yang bekerja di objek wisata umbul sidomukti. Dusun kluwihan bisa dikatakan sebagai dusun tertinggi di desa sidomukti. Dusun ini merupakan dusun yang sering dilewati para pendaki gunung ungaran sehinggga desa ini akan terasa ramai sekali jika malam minggu atau hari-hari dimana para pendaki banyak mendaki gunung ungaran. Sedangkan dusun geblok ini adalah dusun paling barat sehingga jarang sekali pendatang yang tau tentang dusun ini padahal pemandangan serta alam di dusun ini sangat menakjubkan. 
Pisang Pendek, pisang khas sidomukti

Pertanian di desa ini sangatlah maju, disepanjang jalan terdapat hamparan sawah dan ladang yang menjadikan desa ini sebagai sentral penghasil daun bawang, daun sawi hijau, wortel, kacang panjang serta bayam.  Selain itu jika berkunjung ke desa ini bertepatan dengan masa panen buah alpokat maka sangat cocok jika buah alpokat dijadikan oleh-oleh dari desa ini. Ada satu lagi hasil bumi dari desa sidomukti yang wajib dicoba yakni buah "pisang pendek". Buah pisang ini menurut pengalaman penulis hanya terdapat di lereng gunung ungaran ini (coba saja beli di pasar johar, kudus, demak, solo atau jogja pasti ndak ada..). Secara rasa, pisang ini hampir mirip pisang ambon tetapi secara bentuk berbeda. Nama pisang pendek ini mungkin karena pohon pisang ini kebanyakan pendek-pendek sekitar 1,5 - 2 meter sehingga cukup pendek jika dibandingkan dengan pohon pisang lainya yang rata-rata sekitar 3 meter lebih. (yang tau jenis secara ilmiahnya serta asal nama pisang pendek mohon dikoreksi...)

Aktrivitas warga dusun tegal sari
Petani Sidomukti sedang belomba mencari rizki yang barokah...

 
 

Lokasi yang patut dikunjungi jika berkunjung ke desa ini....

1. Pereng Putih
Lokasi ini berada di lembah barat desa sidomukti, tepatnya didusun geblog. Tinggi tebing ini rata-rata setinggi 70 meter. Bagi pencinta olahraga alam bebas yakni panjat tebing artificial mungkin tebing ini bisa digunakan untuk menguji nyali pemanjat serta kemampuan menggunakan peralatan panjat. Jika ingin berkunjung ke lokasi ini disarankan untuk membawa golok untuk membuka jalan menuju bibir tebing.  




2. Lembah tieng 
lembah tieng ini adalah lembah besar yang berada di lereng gunung ungaran di sisi barat desa sidomukti. Di tengah-tengah lembah ini mengalir sungai kecil dengan air yang mengandung belerang (orang sidomukti menyebutnya tieng/nayeng/karat) sehingga batu-batu di sungai tersebut berwarna coklat kemerah-merahan. Lembah ini cukup dalam sekitar 150 meter dengan vegetasi utamanya adalah pohon pinus.













3. Air Terjun tieng  

air terjun ini berda di ujung lembah tieng, jalan cukup sulit menuju air terjun ini. Saya sarankan jika ingin mengunjungi air terjun ini silahkan bisa menghubungi guide desa wisata sidomukti.









4. Mawar hill
daerah ini merupakan daerah tertinggi dari desa sidomukti, daerah ini dikelola oleh objek wisata umbul sidomukti. Selain itu dilokasi ini juga terdapat camping ground, hutan pinus dan daerah ini merupakan pintu masuk pendakian ungaran.






5. Mata air prigen
Sebenarnya dulu tempat ini menjadi project wisata kabupaten semarang, tetapi enyah kenapa project ini macet di jalan sehingga hanya meninggalkan gapura megah yang terdapat guratan cat sempot. Tetapi sebenarnya yang harus diperhatikan adalah kelestarian air di sumber mata air ini karena debitnya cukup stabil baik musim kemarau atau musim hujan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar