Selasa, 20 Agustus 2013

CAMPING DI LERENG TIMUR GUNUNG UNGARAN

CAMPING DI LERENG TIMUR GUNUNG UNGARAN

 

 

Aktivitas menjadi pencinta alam dahulu yang sering bergulat dengan gunung, goa, tebing, alat-alat mountaineering serta seabrek berkas-berkas organisasi terkadang masih teringat jelas saat saya menggendong putra saya saat berjalan mendaki jalan tanah menuju lapangan hutan pinus di area pos pendakian ungaran (via sidomukti). Sudah mungkin ada 7 tahun saya tidak merasakan membuka jendela tenda dengan lepas tanpa di bayang-bayangi beban pekerjaan....dan selama itulah saya tidak pernah camping dengan hati lepas (lebayyyyy...tapi itulah adanya)

AKU, ISTRIKU, PUTRAKU DAN TENDA
Hutan Pinus Sidomukti
Disela-sela kesibukan liburan pasca lebaran tahun 2013 saya sempatkan untuk meluangkan waktu mengajak keluarga menikamati malam serta alam di sidomukti tepatnya di area camping ground/base camp jalur pendakian ungaran yang dikelola oleh perkumpulan pemuda SAKPALA Sidomukti. Memang yang saya dengar jika memasuki waktu liburan atau ada moment nasional lokasi ini banyak yang camping sehingga dengan banyaknya yang camping terasa tidak kesepian....(camping kok minta ramai...ya ini camping banci mungkin...) selain itu kokon katanya kalo banyak yang camping ada warung-warung disekitar area yang menjual gorengan serta minuman hangat, jadi banyangkan jika makan gorengan hangat saat camping..enak pastinya....

Lembah Alpine Cimanggal
Lukisan pagi yang cerah

Lokasi camping ini berada desa sidomukti, desa ini merupakan desa yang berada di lereng sebelah timur gunung ungaran. Jika akan menuju lokasi ini akses utama adalah lewat gapura di area pasar jimbaran yang menuju desa sidomukti (sama dengan pintu masuk menuju lokasi wisata umbul sidomukti), Pasar jimbaran adalah salah satu pasar tradisional yang berada di jalur wisata bandungan, walaupun tidak sebesar dan seterkenal pasar bandungan pasar ini wajib dikunjungi jika camping. Ada 2 akses jika setelah menuju gapura sidomukti, setelah menemui SD Sidomukti/pintu gerbang desa wisata yang megah maka ada 2 pilihan jika anda membawa mobil atau motor silahkan ikuti saja jalur menuju wisata umbul sidomukti tetapi jika anda berjalan kaki silahkan ambil jalur ke kiri saja menuju dusun kluwihan. Kedua jalur tersebut sama-sama menuju area mawar (orang lokal menyebut area ini, area camping).

Lokasi ini sangat indah selain berada di ketinggian sekitar 1300 mdpl  yang membuat hawa sejuk di pikiran didukung pula dengan pemandangan yang spektakuler kota ungaran, bawen, danau rawa pening serta background menjulang tinggi gunung andong dan gunung merbabu sehingga lokasi ini sangat direkomendasikan untuk ber-CAMPING-ria.... Biaya camping di sini hanya Rp 5.000/orang/malam. Banyak kegiatan yang bisa kita laksanakan saat camping, mulai api unggun, jejak malam, trekking, mendaki puncak ungaran atau mengunjungi lokasi wisata alam lainya di sekitar camping ground ini seperti lembah kuning, lembah alpine cimanggal, goa air umbul sidomukti, serta berkunjung ke wisata umbul sidomukti. 
Upacara Kemerdekaan RI
Saat itu, bertepatan dengan malam 17 agustus sehingga sangat ramai lokasi tersebut dengan pendaki yang lalu lalang menuju puncak gunung ungaran serta dengan peserta upacara di area ini yang akan dilaksanakan besok oleh para pencinta alam kabupaten semarang. Agenda ini memang sudah runtin dilaksnakan selama 4 tahun terahir ini untuk memperingati hari merdekaan indonesia. JIKA UPACARA DAN CEREMONIAL SUDAH KITA LAKSANAKAN MAKA TINGGAL BUKTI NYATA KITA UNTUK MENGISI KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN SEMANGAT, PRILAKU, PIKIRAN DAN BUDAYA AGAR INDONESIA LEBIH MAJU DAN BERMARTABAT...BUKAN MALAHAN MERUSAKNYA...SETUJU???







Tidak ada komentar:

Posting Komentar